Jumat, 31 Januari 2014

Talempong

Talempong merupakan seperangkat alat musik yang terdiri dari beberapa gong kecil. Secara fisik nyaris persis dengan bonang khas Jawa dalam perangkat  gamelan. Talempong dahulu terbuat dari kuningan, kayu dan juga batu tetapi kini talempong lebih banyak terbuat dari kuningan.

Talempong berbentuk lingkaran berdiameter 15-17,5 cm. Seperti halnya bonang atau gong namun berukuran lebih kecil, pada bagian bawahnya berlubang sedangkan pada bagian atasnya terdapat bundaran yang menonjol berdiameter 5 cm. Bunyinya sendiri berasal dari sepasang kayu yang dipukulkan pada bundaran menonjol di permukaannya tersebut. Talempong diiringi oleh akord yang dimainkan sebagaimana piano.


Talempong biasanya menjadi alat musik tradisional yang mengiringi tarian tradisi Minangkabau, seperti tari piring, tari pasambahan, dan tari galombang. Talempong juga dimainkan untuk mengiringi arak-arakan dan menyambut tamu istimewa.Saat ini, talempong kerap pula dikolaborasikan bersama alat musik modern untuk memberi sentuhan khas bermusik atau pun sebagai bentuk kreasi musik.

Ada dua cara memainkan talempong, yaitu talempong duduak dan talempong pacik. Talempong duduak dimainkan sambil duduk dimana 5-9 talempong diletakkan di tempat penyangga khusus. Sementara talempong pacik dimainkan dengan cara berdiri dan pemainnya memegang 2 atau 3 unit talempong sekaligus.


Di Negeri Sembilan, Malaysia, Talempong dikenali dengan nama Caklempong. Negeri Sembilan telah didatangi oleh suku Minangkabau yang bermigrasi dari Sumatera Barat pada abad ke 15 Masehi dan satu-satunya negara bagian di Malaysia yang mengamalkan sistem Lareh Bodi Caniago. 

Sayangnya, para musisi talempong hingga kini juga sulit ditemui, kecuali para pemain pupuik gadang dengan kemampuan terbatas yang ada, itu pun jarang dijumpai Talempong Minangkabau yang mengandung dua unsur yang sangat penting dalam musik, yaitu unsur ritme dan unsur melodi. Secara tradisional kedua unsur tersebut selalu berkembang dari pola-pola yang sederhana hingga pola permainan yang cukup rumit.





Ada juga game talempong yang terdapat di Iphone/Ipad yang dibuat oleh orang Indonesia. Kita harus bangga karena ada orang indonesia yang ingin melestarikan kesenian Indonesia ini dengan cara dibuat game,karena anak zaman sekarang pegangannya mulai Hp,Tab.dsb dan ada juga yang tidak mengerti kesenian Indonesia. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar